About

Rabu, 14 November 2012

Aplikasi Fisika


APLIKASI HUKUM NEWTON DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Aplikasi hukum newton dalam kehidupan sehari – hari. Sekedar tambahan aja, dalam aplikasi teknik sipil, hukum newton menempati posisi teratas. Hampir semua formulasi diturunkan dari hukum newton, untuk kondisi statik dan dinamik, linear ataupun nonlinear. Membangun jembatan kereta, jalan layang, terowongan, bendungan, jembatan kabel bentang panjang, menara transmisi, gedung bertingkat, konstruksi kabel, stabilitas lereng, daya dukung fondasi bangunan, analisis getaran lantai jembatan, perilaku bangunan tinggi dalam merespon gempa/angin, perencanaan kapasitas balok dan kolom beton, kapasitas leleh struktur baja dan lain-lain, semua itu rumus utamanya cuma satu, “jumlah gaya (momen gaya) harus sama dengan nol”.
Manfaat ditemukannya supaya kita dapat mengetahui hukum-hukum gerak dan dapat berusaha menghindari dari  kejadian buruk akibat sifat-sifat gaya dan gerak, misal kelembaman, dan untuk menghindari efeknya kita memakai sabuk sehingga dapat menahan tubuh kita yang tersentak ke depan akibat pengereman (Dasar: Hukum I dan Hukum II newton)

Efek Hukum Newton 1:
v  Benda diam yang ditaruh di meja tidak akan jatuh kecuali ada gaya luar yang bekerja pada benda itu.
v  Waktu mobil direm, kita akan tersentak ke depan. Waktu mobil mau dijalankan, kita akan tersentak ke belakang.

Efek Hukum II Newton:
v  Kita memakai sabuk sehingga ketika kita tersentak ke depan, ada gaya penahan dari  sabuk melakukan perlambatan pada gerak kita ke depan dan tubuh kita tertahan.
v  Berat kamu ( W = m x g )
v  Energi dan usaha
v  Benda massanya kecil diberi gaya yang sama dengan benda yang massanya besar mengalami percepatan yang lebih besar dibandingkan benda yang massanya besar

Efek Hukum III Newton:
v  Mobil bertubrukkan mengalami gaya aksi dan reaksi yang sama,
namun percepatan yang berbeda tergantung massanya
.
v  Kita dapat berjalan karena ada gaya aksi reaksi.
v  Ketapel

Hukum Newton dan Contohnya

Hukum 1 Newton :
Sebuah benda mempertahankan kedudukannya
contoh : jika kita dalam sebuah mobil saat mobil itu tiba2 maju badan kita tiba2 terdorong ke belakang.
Hukum 2 Newton :
Secara matcmatik dijabarkan dcngan persamaan (F = m.a) menetapkan bahwa akselerasi obyek adalah sama dengan gaya netto dibagi massa benda.
Contoh :kita berada dalam lift
Hukum 3 Newton :
Ini merupakan gaya aksi = reaksi
contoh : saat kita menekan papan tulis (aksi) maka papan tulis memberikan reaksi , bila aksi  lebih besar dari pada reaksi maka papan tulis akan rusak dan sebaliknya.

1 komentar:

  1. Dari sisi penjelasannya sudah lumayan jelas,,,tapi tampilan untuk artikel ini kurang menarik,,,

    emmm ada yang mw tak tanyakan "salah satu teman ada yang bertanya pada saya, dia mengatakan bahwa hukum II Newton, dan Hukum III Newton adalah akibat dari Hukum Newton I, bahkan dy berani mengatakan hukum Newton hanya ada 1 yaitu Hk I Newton.........itu bagaimana ngejelasinna??????

    :)

    BalasHapus